Cara Membuat Transfer Response UNBK 2020

Mendekati menjelangnya Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk Siswa - Siswi SMP ataupun SMA, SMK, MA sederajat. Beberapa sekolah mungkin akan sibuk mempersiapkan Materi baik itu Materi Ujian yang nantinya akan di Ujikan serta Sarana Prasarana yang akan digunakan Anak Didiknya nantinya.

Contents

Sejak diberlakukannya Ujian Nasional Berbasis Komputer didalam Sarana Ujian Nasional, beberapa orang khususnya Protokol Sekolah tersebut dalam mempersiapkan CBT Berbasis Komputer yang nantinya sebagai cara sarana Siswa dalam menghadapi ujian - ujian yang akan dihadapi nantinya.

Apa Yang Baru dari CBT 2020 ?

Berbeda dari Aplikasi CBT di tahun sebelumnya, CBT kali ini mengharuskan anda untuk menyetttings (Setting) beberapa Fitur baru yang mungkin sebelumnya belum pernah digunakan.

Fitur tersebut adalah Transfer Response pada saat anda melakukan Proses Sinkronisasi. Lalu Bagaimana panduan lengkap cara membuat, memasang serta Mengatur Aplikasi CBT kali ini, dibawah ini adalah langkah - langkahnya.

Back to Content ↑

Panduan Lengkap  Konfigurasi Cara membuat Transfer Response UNBK 2020

Bagi anda yang mungkin merupakan seorang protokol di sekolah anda dan belum tahu Bagaimana Caya Membuat dan Mengkonfigurasikannya maka berikut dibawah ini kami sajikan tutorial lengkapnya untuk anda.

Back to Content ↑

Membuat Transfer Response Folder di Flashdisk

Pertama yang harus anda lakukan adalah membuat File Share Folder di Flashdisk baru atau yang masih Kosong untuk nantinya digunakan menyimpan File Cadangan siswa di Aplikasi CBT 2020 yang terbaru.
  1. Siapkan Flashdisk Kosong yang nantinya digunakan menyimpan Data siswa.
  2. Selanjutnya Buka Flashdisk tersebut di Komputer anda, lalu Buat New Folder
  3. Jangan lupa memberikan nama untuk menandainya sebagai Folder Transfer, sebagai contoh; Tf - Response.
  4. Kemudian klik kanan pada folder response yang telah dibuat sebelumnya >> pilih menu Give Access to > Specific People.
  5. Lalu akan muncul Kotak Dialog, selanjutnya Pilih Everyone >>  dan Tekan Tombol Add.
  6. Selanjutnya pada pilihan menu Everyone Pilih Read/Write.
  7. Terakhir tekan tombol Share.
Dan itulah langkah #pertama kita untuk mengkonfigurasi Aplikasi CBT terbaru 2020 yakni dengan membuat Forder Transfer Response. 

Back to Content ↑

Langkah Kedua Mengatur Izin Akses Sharing

Langkah kedua berikutnya adalah tentang Izin Akses Sharing yang nantinya akan melengkapi Konfigurasi CBT Aplication 2020, dibawah ini adalah langkah - langkahnya.
    1. Selanjutnya Pada flashdisk yang telah disiapkan tersebut, klik kanan folder response yang telah dibuat dan setings sebelumnya.
    2. Kemudian pada menu yang muncul ,Pilih menu Properties.  
    3. Pada Kotak dialog properties, pilih tab Sharing lalu klik tulisan Network and Sharing Center.
    4. Kemudian Centang / atur pilihan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    5. Terakhir tekan tombol Save Change untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat.
    Sampai dengan disini maka itu artinya telah berhasil membuat dan Mengkonfigurasikan Folder Sharing yang nantinya akan dihubungkan atau dilakukannya Proses Transfer Response di Aplikasi CBT Sync UNBK 2020.

    Back to Content ↑

    Settings Transfer Response pada Aplikasi CBT Sync UNBK Terbaru 2020

    Pada tahap ini maka anda diwajibkan untuk melakukan Proses Transfer Response pada Aplikasi CBT Terbaru, karena jika tidak dilakukan maka Tes yang nantinya akan diujikan tidak akan tampil dihalaman Komputer CBT UNBK 2020.

    Dibawah ini adalah langkah mudahnya untuk Setting Transfer Response pada CBT Synk UNBK 2020.
    1. Pertama sambungkan atau Colokkan Flashdisk yang sebelumnya telah di Setting ke Komputer.
    2. Lalu pastikan anda telah melakukan Proses Sinkronisasi di Aplikasi CBT Sync Terbaru 2020.
    3. Selanjutnya pada Menu Pilihan CBT pilih menu Transfer Response seperti gambar dibawah ini.
    4. Pada Menu Transfer Response akan muncul Kotak Dialog yang selanjutnya harus anda konfigurasi lagi, Seperti Folder Dump, Username, Password, Server IP.
    5. Pada Kotak Folder Dump: anda diwajibkan mengisi \\IP Address\Nama folder sharing
    6. IP Address disini yang dimaksud adalah ip yang diseting di network adapter yang terbridge ke server unbk di virtual box.
    7. Sedangkan Nama disini yang dimaksud adalah Nama Folder yang sebelumnya anda Setting di Folder anda.
    8. Sebagai contoh nantinya Format yang dimaksud tidak jauh seperti Format berikut ini [\\192.168.0.99\Tf-Respons].
    9. Pada Kotak Username: Isi dengan Username Komputer anda, Caranya Klik Start Menu >> Settings (Pengaturan) >> Account / Akun.
    10. Lalu yang ketiga Pada Kotak Password:  Masukkan Password untuk User Komputer anda. Jika komputer tersebut belum punya Password anda bisa membuatnya terlebih dahulu.
    11. Caranya adalah Klik Start Menu >> Settings >> Account >> Password.
    12. Terakhir pada Kotap IP Server: Masukkan sesuai dengan IP Address yang sebelumnya anda isikan di Folder Dump.
    13. Terakhir Klik Save / Simpan.
    Jika pengaturan berhasil disimpan itu artinya konfigurasi yang anda masukkan berhasil, biasanya ditandai dengan tulisan Hijau Berhasil. Sedangkan jika gagal maka akan ditandai dengan Tulisan Gagal berwarna merah.

    Dan selanjutnya jika Proses tersebut berhasil disimpan maka anda bisa mengecek Folder Tesme.txt di Flashdisk yang digunakan untuk menyimpan Data barusan.

    Back to Content ↑

    Cara Menggunakan Flashdisk Transfer Response CBT UNBK 2020

    Sebenarnya apa sih fungsi Flashdisk dan Konfigurasi yang baru saja kita lakukan, Fungsi dari Flashdisk dan Konfigurasi yang baru saja kita lakukan adalah Untuk Menyimpan data ujian yang dilakukan saat CBT dilangsungkan.

    Hal ini sebagai upaya pencegahan jika nantinya Komputer Mati atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga jawaban siswa tetap tersimpan dan tidak harus mengulangi ujian dari awal jika Komputer mati.

    Cara Menggunakannya pun cukup mudah, yakni;
    1. Pastikan Flashdisk yang menyimpan Folder Transfer terhubung dengan Komputer anda.
    2. Selanjutnya Aplikasi CBT Sync UNBK 2020 akan otomatis menyimpan pekerjaan murid - murid anda.

    Back to Content ↑

    Penutup 

    Demikian adalah panduan lengkap cara mengkonfigurasikan Aplikasi CBT Sync 2020  dan juga cara membuat Transfer Response UNBK. Jika terdapat beberapa kendala maka mungkin ada yang salah pada saat anda memasukkan Konfigurasi yang telah ada.