BPOM: Pengertian, Fungsi dan Cara Cek Nomor BPOM

Sebagai seorang konsumen anda pasti menginginkan Produk yang Berkualitas, hal ini tidak bisa di Negosiasikan karena Produk yang baik adalah Produk yang Berkualitas, Terjamin untuk kesehatan, dan Original pastinya.

Mungkin dari kalian sudah ada yang pernah mendengar beberapa lembaga atau Badan yang telah bekerjasama dengan Pemerintah untuk memastikan keamanan khususnya jika produk tersebut di konsumsi oleh Target Konsumen mereka.

Contents

Ada satu badan nih yang ingin saya bahas khusus untuk anda yakni BPOM, apa itu BPOM dan Fungsinya mari kita bahas sama - sama dibawah ini.

Pengertian BPOM

Apa itu BPOM? BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah sebuah lembaga Nonkementrian yang bertugas khusus untuk mengawasi peredaran Obat - Obatan dan juga Makanan yang ada di Indonesia baik itu Obat dan Makanan dari Dalam dan Luar Negeri.

BPOM merupakan satu lembaga di Indonesia yang menyerupai fungsi dan tugas dari Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat dan European Medicines Agency di Uni Eropa.

Fungsi dan Tugas BPOM

Tugas dan fungsi BPOM sebagai Badan Pengawas Obat dan Makanan telah diatur dalam Perpres Nomor 80 Tahun 2017, BPOM menyelenggarakan fungsi:
  • Penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan Obat dan Makanan.
  • Pelaksanaan kebijakan nasional di bidang pengawasan Obat dan Makanan.
  • Penyusunan dan penetapan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang Pengawasan Sebelum Beredar dan Pengawasan Selama Beredar.
  • Pelaksanaan Pengawasan Sebelum Beredar dan Pengawasan Selama Beredar.
  • Koordinasi pelaksanaan pengawasan Obat dan Makanan dengan instansi pemerintah pusat dan daerah.
  • Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengawasan Obat dan Makanan.
  • Pelaksanaan penindakan terhadap pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan Obat dan Makanan.
  • Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan BPOM.
  • Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab BPOM.
  • Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan BPOM; dan
  • Pelaksanaan dukungan yang bersifat substantif kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan BPOM.

Cara Cek No BPOM Secara Online

Jika anda berencana mengecek Nomor BPOM ada satu cara yang bisa anda lakukan dan terjamin mudah, dibawah ini adalah cara cek BPOM di Situs Resminya.
  1. Buka url https://cekbpom.pom.go.id/
  2. Lalu pilih keyword berdasarkan No Registrasi, Merk, Produk atau Pendaftaran.
  3. Selanjutnya ketikkan Keyword jika memilih Nomor Registrasi maka Ketikkan Nomor Registrasi.
  4. Klik cari.
  5. Maka jika Nomor Registrasi terdaftar akan muncul deskripsi singkat produk, Merk dan Perusahaan pendaftaran.
Baca Selengkapnya: Cara Cek Resi BPOM

Akhir Kata

Demikian adalah artikel tentang BPOM: Pengertian, Fungsi dan Bagaimana Cara Mengecek Nomor Registrasi Produk di BPOM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.